Senja Menghampiri Indonesiaku


Artikel Singkat Pendidikan Seni Budaya

SENJAPUN MENGHAMPIRI INDONESIAKU
By : Sebuh-AO 11

Penilaian masyarakat Indonesia tentang budaya ada 2 kecenderungan yaitu yang pertama masyarakat yang mempertahankan tradisi dan sejarah sebagai sesuatu yang sakral dan penting (romantisme tradisi), dan yang kedua masyarakat yang melihat tradisi sebagai produk masa lalu yang hanya layak disimpan dalam etalase sejarah sebatas untuk dikenang (dekonstruksi tradisi/disconnecting of culture). 

Kebanyakan pada masa ini yang terjadi adalah masyarakat yang cenderung pada dekontruksi tradisi Sebagai salah satu dampak dari globalisasi, yaitu membawa serta budaya barat dan melecehkan  nilai-nilai budaya tradisional. Bangsa Indonesia kini telah berkembang menjadi masyarakat modern dan telah mengalami perubahan dalam gaya hidup. 

Masyarakat akan minder apabila  tidak menggunakan pakaian yang bermerk (merk terkenal), selain itu juga masyarakat saat ini malu menggunakan budaya asli Indonesia disebabkan tengah maraknya budaya asing yang masuk di Indonesia. Tetapi Baru-baru ini Indonesia gencar membudidayakan sebagian budaya Indonesia, terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat luar lebih mengenal budaya Indonesia dibandingkan masyarakat asli Indonesia.

Perubahan Budaya pasti akan menghampiri semua Negara, termasuk Negara kita tercinta yaitu Indonesia. Budaya dalam suatu bangsa mengalami perkembangan tidak pada satu aspek saja akan tetapi bisa saja secara menyeluruh. Kemajuan kebudayaan dan peradabannya serta kemajuan keseniannya secara timbal balik saling berkaitan. karena kesenian merupakan bagian penting dari kebudayaan, sebagai ekspresi dan artikulasi dari hasil cipta, karsa dan karya.

Perkembangan Kesenian nampaknya paling dinamis. Bisa dilihat dari Kesenian dalam masyarakat Indonesia saat ini didominasi dengan seni suara dan seni acting (film, sinetron), seni yang berbau kedaerahan seperti seni tari, seni wayang kulit, seni lawak tradisional yang dulu hampir setiap hari dapat disaksikan kini sudah mulai pudar.

Maka dari itu yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia adalah pembangunan kesenian dan mempertahankan kebudayaan bangsa Indonesia pada hal-hal yang positif agar Indonesia tidak semakin terpuruk. Pembangunan Kesenian adalah pebangunan nilai-nilai seni dan apresiasi untuk meningkatkan kemartabatan seniman dan masyarakat, sekaligus meningkatkan mutu seni dan apresiasi terhadap kesenian. 

Dan jika dalam mempertahankan kebudayaan juga terlebih dahulu perlu adanya pelestarian dan pengembangannya secara dinamis dengan cara-cara yang lebih khusus dalam ruang lingkup memperkenalkan budaya dan kesenian yang beraneka ragam dari seluruh nusantara dengan tetap berpegang teguh pada semboyan Bhineka Tunggal Ika. Supaya masa depan bangsa Indonesia menjadi cerah.

Selamat berfikir, dan terus berkarya!
Salam Budaya dan Seni di Nadi!