Seni Rupa | Seni Rupa Terapan | Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa | Seni Rupa Terapan | Seni Rupa Murni - Seni rupa adalah salah satu cabang karya seni yang cukup populer di kalangan pelaku dan penikmat seni. Dalam seni rupa sendiri terdiri atas banyak cabang dan aliran, sebenarnya bicara seni rupa tak kan ada ujung dan pangkalnya karena setiap pelaku maupun penikmat seni masing-masing memiliki caranya sendiri-sendiri dalam mengapresiaikan sebuah karya seni. 

Karya seni dalam hal ini seni rupa bukan hanya di nilai dari sisi material saja akan tetapi seni rupa juga menyangkut ketinggian nilai yang absurd, sulit untuk diceritakan karena hal ini bersentuhan dengan hal imaginer, penjiwaan, pesan dan bahkan hal yang bersifat religius  yang syarat dengan norma dan susila. oleh karena itu pada kesempatan ini saya hanya akan membahas 3 poin saja terkait seni rupa yaitu : pengertian seni rupa, seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Apa Pengertian seni rupa ?
Pengertian seni rupa : Seni rupa adalah salah satu cabang seni menyerupai bentuk atau membentuk karya seni dengan sarana atau media yang dapat di indra oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. seni. Seni rupa juga dapat diartikan  sebagai hasil ciptaan kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan atau segala hal upaya penyerupaan dari aslinya atau modifikasi dari aslinya, sehingga dapat di lihat oleh mata dan dapat di raba. Seni rupa berdasarkan fungsinya terbagi atas dua hal yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Apa itu seni Rupa terapan ?
Seni rupa terapan adalah sebuah karya di hadirkan /dihasilkan dengan tujuan praktis mengenai fungsi dan kegunaan dari benda-benda yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari atau semacam alat dan sarana misalnya : semua alat memasak, alat pertukangan, rumah, dan seluruh hasil karya dengan orientasi fungsi manfaat dan kegunaan.

Apa itu seni rupa murni?
Seni rupa murni adalah hasil karya seni yang dibuat/dihasilkan bukan dengan tujuan atau berorientasi fungsi dan kegunaan. akan tetapi seni rupa murni adalah hasil karya seni sebagai apresiai, ekspresi, yang bertujuan untuk mengungkapkan ide,gagasan dari pencipta seni dengan tujuan keindahan. Seni rupa murni bebas dalam ekspresi, penghayatan, imaginasi, ungkapan keinginan, harapan, impian dan khayalan.

contoh-contoh seni rupa murni
  • Patung : Hasil ekspresi penyerupaan berupa bentuk visual  melalui media tga dimensi untuk tujuan seni atau keindahan atau estetika
  • Relief : adalah lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi diatas permukaan 2 dimensi, relif biasanya terdapat di tugu, Candi, yang pada umumnya memiliki sejarah kebudayaan tertentu
  • lukisan : Lukisan adalah karya seni yang dibuat dari bahan cat, kuas atau peralatan lain diatas kanfas sebagai media
  • Kerajinan dan keterampilan tangan: misalnya gantungan kunci, kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas, yang bernilai estetika dan fungsi.
  • Kerajinan keramik : seni rupa kerajinan keramik misalnya guci, piring keramik, dengan tujuan keindahan (estetika) bukan untuk digunakan sebagaiman mestinya karena dipandang lebih punyai nilai estetika dari pada hanya sekedar untuk alat makan.
  • Kaligrafi : adalah seni rupa modifikasi huruf untuk tujaun estetika, pada umumnya kaligrafi dengan huruf hjaiyah dari bahasa arab, akan tetapi hururf aksara jawa, aksara jepang dan lain sebagainya termasuk pada kategori kaligrafi
  • mosaik : mosaik yaitu seni merangkai pecahan dari bahan batu, keramik atau kaca sehingga memiliki nikai estetika
  • ukiran : seni memahat diatas batu dan kayu menjadi bentu yang diinginkan yang memiliki nilai estetika, pada umumnya berbentuk makhluk hidup, bunga, motif yang biasanya dijadikan sebgai hiasan rumah dan peralatan rumah tangga.
  • Foto grafi : yaitu pengambilan gambar dengan alat kamera yang memiliki nilai estetika, biasanya fotografi diadikan sebagai ilustrasi buku, media masa,
  • Topeng : karya seni penutup wajah meyeruapai wajah, dari bahan kertas, kayu, keramik, plastik, logam dan yang lainnya.
itulah informasi terkait pengertian seni rupa, macam-macam seni rupa di tinjau dari  fungsinya yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. semoa artikel ini dapat menambah wawasan secara umum dan khususnya bagi pelajar agar dapat dijadikan sebagai tambahan materi atau pengkayaan keilmuan terkait seni rupa.